Welcome To Our Blog

Sabtu, 11 Mei 2013

Widgets

Manfaat Jus Jeruk


Pada dasarnya, membuat jus dari buah dan sayuran adalah cara cepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral di tubuh kita. Selain menyegarkan, jus buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral, yang berguna untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh dari serangan penyakit.


Buah dan sayuran mengandung vitamin A, C dan E; mengandung karbohidrat, dan sumber senyawa fitokimia yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Selain itu, jus buah dan sayuran memiliki beragam kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, besi, dan potasium. Walaupun diperlukan dalam jumlah kecil, mineral ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. kandungan lainnya adalah serat yang bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan, mengikat racun dalam tubuh dan memberikan rasa kenyang.

Antioksidan yang terkandung dalam jus buah dan sayur bermanfaat dalam menurunkan risiko berbagai penyakit. Seperti jantung koroner, stroke, katarak, juga mencegah kerusakan sel pankreas sehingga baik untuk penderita diabetes melitus. Jus buah tertentu seperti jus jeruk sangat kaya akan asam folat, yang sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat.

Buah berguna membantu mengeluarkan racun dalam tubuh (detoksifikasi). Mengonsumsi buah dalam porsi besar akan membuat tubuh sibuk melakukan proses pembersihan racun dalam tubuh. Buah yang bersifat asam seperti lemon, jeruk, tomat dan nanas adalah buah yang kuat dalam detoksifikasi. Dengan minum jus jeruk setiap pagi sebagai sarapan pagi Anda, maka tubuh akan lebih cepat memiliki energi dan stamina. Karena jus jeruk segar juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebaiknya mengonsumsi jus buah segar dalam keadaan perut kosong atau 20 menit sebelum makan makanan lain. Dengan cara ini, Anda akan senantiasa berselera untuk selalu mengonsumsi buah segar.

**
Satu cangkir jus jeruk jingga mengandung 42mg fosfor, 47 mg kalsium, 0,05 mg zat besi, 2 mg sodium, 400 mg potassium, 500 I.U vitamin A, 124 mg vitamin C, dan sejumlah vitamin B-kompleks. Jeruk berfungsi merangsang nafsu makan, membersihkan darah, dan menghilangkan kembung. Selaput putih yang mengelilingi jeruk merupakan sumber kalsium yang cukup baik. Asam sitric yang terkandung dalam jeruk kadang-kadang menyebabkan rasa asam karena membentuk sifat alkali atau asam. Setelah bermetabolisme didalam jaringan, sisa alkali atau sifat asamnya akan ditinggalkan sehingga daya tahan tubuh bisa diperbaiki.

Manfaat jeruk bagi kesehatan :

1. Antikanker 
2. Menyembuhkan sariawan 
3. Menurunkan kolesterol 
4. Menghilangkan batu empedu 
5. Pemperbaiki pencernaan 
6. Meningkatkan nafsu makan 
7. Menyembuhkan infeksi karena bakteri 
8. Mencegah radang amandel

Untuk yang sering masuk angin atau sembelit, satu gelas jus jeruk pada malam dan pagi hari dapat membantu mengurangi penyakitnya. Perlakuan ini juga bermanfaat bagi penderita asma dan penyakit paru. Jus jeruk membuat mikroba jahat tidak betah mendiami saluran usus. Hal ini dapat memperbaiki pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Jus jeruk juga dapat menghilangkan rasa mual dan muntah-muntah pada wanita hamil. Selain itu, jus jeruk juga mampu membersihkan pembusukan makanan pada lambung dan membersihkan saluran lambung dan usus sehingga meningkatkan tenaga pencernaan di kedua organ pencernaan tersebut.

Jus jeruk mempunyai kandungan vitamin C dan kalsium yang tinggi sehingga sering digunakan oleh para pelaut untuk melawan (Scurvy) selama pelayaran. Satu gelas jus jeruk setiap hari dapat mencegah sariawan. Sementara itu, jeru lemon yang dibuat jus dapat berfungsi sebagai antioksidan karena kandungan vitamin C-nya cukup tinggi. Selain itu, kandungan pektin yang terdapat dalam daging buahnya dapat menurunkan kolesterol darah. Kandungan limonene tertinggi yang terdapat pada bagian spon putih dari daging lemon dapat digunakan untuk menghilangkan batu empedu dan dipercaya sebagai agen anti kanker. 
Jus jeruk juga mampu memecah lemak sehingga baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Disarankan untuk minum satu atau dua gelas jus jeruk pagi dan malam hari secara rutin untuk meningkatkan daya tahan dan menambah kesehatan tubuh.

Sumber: 1 | 2

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 comments: