Welcome To Our Blog

Kamis, 02 Mei 2013

Widgets

Manfaat Jus Buah Apel

Mengkomsumsi buah apel bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya dengan langsung memakannya atau sebagai minuman yaitu jus apel. Cara membuat jus apel sangat mudah dan praktis hanya dengan diblender lalu dicampur dengan air dan sedikit gula supaya lebih nikmat.
Berikut ini adalah manfaat jus buah apel :

  1. Menjaga kekebalan tubuh: Kandungan vitamin C yang ada dalam minuman jus apel, bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar penyakit tidak mudah menyerang.
  2. Menurunkan resiko terserang penyakit kanker: Ini adalah peran zat flavoid yang banyak terkandung dalam jus apel.
  3. Menjaga kesehatan mulut: Jus apel kaya akan zat tanin yang sangat berguna bagi kesehatan gigi dan gusi.
  4. Memilhara kesehatan mata: Kandungan Vitamin A sangat bagus bagi kesehatan mata agar mata bisa terhinda dari berbagai gangguan.
  5. Menyehatkan pencernaan: Khasiat jus apel yang lain adalah menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh kita. Asam tartar yang banyak terkandung dalam jus apel, mampu membunuh bakteri jahat yang bisa mengganggu pencernaan.
  6. Mencegah timbulnya berbagai macam penyakit: Mengkonsumsi jus apel yang kaya akan senyawa bermanfaat, bisa mencegah datangnya berbagai penyakit pada tubuh kita. Apalagi di dalam jus apel terdapat senyawa quercetin yang mampu meningkatkan kada antioksidan dalam tubuh, sehingga tubuh bisa menjadi lebih sehat.
  7. Menurunkan kadar kolesterol jahat: Khasiat jus apel yang satu ini adalah peran dari senyawa fitokimia dan asa D-glucaric. Dua senyawa ini bisa menekan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDI (kolesterol baik). Selain itu fitokimia dapat melawan radikal bebas yang berdampak negatif yang masuk kedalam tubuh kita.
  8. Melindungi Tulang: Penelitian di Perancis menemukan bahwa flavonoid yang disebut phloridzin yang terkandung pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis, dan meningkatkan massa tulang. Boron, kandungan lain dari apel yang juga berfungsi untuk memperkuat tulang. Hal ini karena apel mengandung banyak mineral .Mineral yang terkandung dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
  9. Menurunkan Kadar Kolestrol: Dalam hal ini apel berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang disebut LDL. Seseorang yang mengkonsumsi buah apel setidaknya 2 kali dalam sehari akan menurunkan kadar kolesterol jahat mereka sebanyak 16%. Hal ini diakibatkan karena Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.
  10. Mengontrol Diabetes: Kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin –salah satu hormon penyebab diabetes. Hal ini karena produksi insulin yang tinggi memicu diabetes, oleh karena itu apel juga bermanfaat untuk mengontrol seseorang yang terserang atau memiliki bakat –faktor genetik terserang diabetes.
  11. Membersihkan dan Menyegarkan Mulut: Apel juga bisa digunakan sebagai media untuk membersihkan dan menyegarkan mulut. Hal ini karena memiliki kandungan tanin. Dimana Tanin ini adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut,sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Dari penjelasan diatas kita mengetahui bahwa jus apel banyak sekali khasiatnya, maka kita wajib mengkonsumsi jus apel setiap hari, selain rasanya manis dan segar ternyata jus apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 comments: